Tuesday, May 12, 2009

Step By Step Update Avira Antivir

Sebuah anti virus seberapa bagus dari segi harga dan mereknya tetap saja jika tidak di update bagaikan macan ompong, atau prajurit yang bertempur di medan perang tanpa senjata. Banyak yang menginstall anti virus kemudian setelah proses instalasi selesai mereka tidak pernah mengupdatenya, karena banyak yang beranggapan kalau sebuah anti virus itu jika sudah di install maka updateannya akan bertahan terus menerus dan dapat mendeteksi virus yang ada hingga saat ini. Persepsi itu sangatlah salah dan bertolak belakang dengan keadaan yang ada di lapangan alias kenyataan.

Jika kita lihat kenyataan yang ada, pastinya seorang/komplotan Virus Maker akan terus mengupdate virus yang telah mereka buat, sehingga jika virus yang telah mereka update dari virus sebelumnya maka akan lebih berbahaya dan memiliki kemampuan agar sulit untuk terdeteksi oleh anti virus, sedangkan database dari software anti virus kita belum terupdate, otomatis komputer kita akan rentan terhadap virus tersebut dan virus2 yang lainnya. Mungkin salah satu hambatannya adalah kurangnya sosialisasi terhadap pentingnya mengupdate suatu database anti virus, koneksi internet, gagap teknologi, dan masih banyak lagi tergantung dari keadaan penggunanya.

Saya akan mencoba untuk memberikan sedikit langkah2 dalam tahapan mengupdate database anti virus, yang saya lakukan disini bukan mengupdate softwarenya tetapi database anti virus tersebut, dan anti virus yang saya gunakan disini adalah anti  virus Avira Premium Security Suite. mungkin untuk beberapa orang sudah mengetahui bagaimana caranya untuk mengupdate database anti virus ini, Tetapi dari pengalaman saya selama ini ternyata masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mengupdate antivirus ini mungkin disebabkan oleh faktor2 yang saya sebutkan diatas. Mungkin untuk komputer yang terkoneksi dengan internet itu bukanlah hal yang sulit, karena Avira akan secara otomatis melakukan Update secara otomatis jika terdapat koneksi internet yang terpasang. jika memang ingin mengupdate yang dilakukan yaitu:

1. buka program Avira AntiVir

clip_image002

2. Akan ada tulisan pada interface Avira Antivir Start Update atau langsung tekan F9

 clip_image004

3. Jika sudah terupdate dengan sukses maka Last Update akan terbentuk tanda contreng beserta info tentang tanggal pengupdatean, search engine dan virus definition file

clip_image004[1]

Bagaimana dengan komputer yang tanpa koneksi jaringan internet….????

Cara yang dulu sering saya gunakan mungkin hingga saat ini yaitu dengan menggunakan media removable disk, yang lebih sering kita sebut Flash Disk. Untuk mengupdate, tetap koneksi internet mutlak dibutuhkan karena dalam hal ini kita akan melakukan manual update. Sempatkanlah untuk pergi ke warnet, karena ini juga demi kebaikan komputer Anda juga kan. Langkah2 yang harus dilalui yaitu:

1. Masuk ke situs resmi Avira (www.avira.com)

2. Kemudian klik menu Support

Fullscreen capture 5132009 11218 AM

3. Kemudian akan tampil submenu, pilih Download

clip_image011

4. Setelah itu pilih file yang berbentuk zip file yang berada disebelah kanan dengan mengkliknya

clip_image014

5. Akan ada kotak dialog yg menanyakan dimana file updatean tersebut akan disimpan. Terserah tergantung anda dimana untuk menyimpannya. (jika menggunakan Browser Mozilla kemudian tidak ada kotak dialog untuk lokasi penyimpanan, biasanya akan secara default tersimpan pada desktop komputer tersebut)

clip_image016

6. Jika telah selesai proses download maka file tersebut bernama ivdf_fusebundle_nt_en.zip salin file tersebut ke dalam Flash Disk Anda.

7. Setelah itu untuk update secara manual update, buka Avira Antivir pada computer Anda klik menu Update kemudian pilih Manual Update

clip_image002[1]

8. Tentukan dimana tempat Anda mensave file yang tadi sudah di download

clip_image018

9. Kemudian klik Open dan tunggu beberapa saat ketika proses penginstalan hingga ada pemberitahuan jika proses Anda sukses

10. Scan komputer Anda setelah proses update untuk memastikan computer Anda tidak terkena virus

Dan kini komputer Anda telah terupdate database anti virus yang terbaru, jangan lupa untuk sesering mungkin menyempatkan update demi kenyamanan Anda dalam menggunakan komputer minimal seminggu sekali, karena kita tidak pernah tahu virus2 yang terbaru yang dibuat oleh para Virus Maker yang pastinya akan mengurangi kenyamanan Anda dalam melakukan kegiatan selama berkomputer.

No comments:

Post a Comment